Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 1 Muara Teweh Adakan Kegiatan Unjuk Kreasi dan Duta Agen Anti Perundungan

  • Oleh Ramadani
  • 05 September 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - SMAN 1 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan unjuk kreasi dan pengukuhan Duta Agen Perubahan Program Pencegahan Perundungan dan Tindak Kekerasan di SMAN 1 Muara Teweh, Senin, 4 September 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Syahmiludin A Surapati sangat mengapresiasi kegiatan Roots Day ini. Roots Day merupakan kampanye pencegahan bullying atau perundungan yang diinisiasi oleh siswa agen perubahan yang dipilih oleh siswa lainnya karena dianggap mereka yang paling banyak berinteraksi dengan para teman-teman sebayanya.

“Program Roots Day dibentuk untuk melahirkan siswa-siswi dan guru sebagai agen perubahan pencegahan perundungan di sekolah,” kata Syahmiludin A Surapati.

Lalu, kata Kadisdik, bagaimana cara memberhentikan perundungan. Pertama adalah tunjukan prestasi. Jalin pertemanan dengan banyak orang, tidak terpancing untuk melawan, jadikan bullying sebagai penyemangat untuk sukses, jangan menunjukan sikap takut atau sedih dan laporkan kepada pihak yang berwenang.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah bullying Syahmiludin menjelaskan, pendidik membuat program pencegahan anti bullying dan hukuman bagi pelaku yang melakukan tindakan tersebut.

Kemudian, membangun diskusi dan ceramah tentang mengatasi aksi penindasan serta memberikan bantuan dan dukungan kepada korban bullying.

“Harapan kedepannya adalah agen perubahan terpilih ini juga dapat mensosialisasikan, sehingga melaksanakan gerakan anti perundungan dan tindak kekerasan di sekolah kepada warga sekolah, sehingga tercipta sekolah yang aman, nyaman dan bebas dari perundungan,” kata dia.

Syahmiludin menambahkan, agen perubahan terpilih dapat menjadi teladan dan memberikan pengaruh positif untuk teman sebayanya. Menyuarakan dengan lantang untuk tidak ada lagi perundungan di sekolah. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru