Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Laksanakan Apel Gelar Personel dan Sarpras Kesiapan Hadapi Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 06 September 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara melaksanakan Apel Gelar Personel dan Sarpras dalam rangka kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Rabu, 6 September 2023.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat hampir setiap tahun.

"Sesuai perkiraan BMKG sejumlah wilayah akan mengalami puncak musim kemarau di bulan September. Berdasarkan dengan BMKG bahwa tahun 2023 di sejumlah daerah di Indonesia akan dilanda El Nino yang diakibatkan perubahan iklim bumi berdampak akan terjadi kekeringan sehingga memicu timbulnya kebakaran hutan dan lahan," kata Windu Subagio.

Menurut dia, puncak kemarau akan terjadi di bulan September 2023 dan akan berakhir di minggu kedua bulan November 2023, sehingga kewaspadaan menghadapi kebakaran karhutla tidak boleh kendor bahkan harus terus ditingkatkan.

"Kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Sukamara sudah mulai terjadi sejak bulan Januari bahkan di bulan Agustus dan awal bulan September cukup banyak bermunculan titik api atau hotspot," ujarnya.

Dalam momen itu, dirinya berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru