Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KemenPPPA Nilai Perkembangan IPM Kalteng Perlu Ditingkatkan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 September 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI) menilai perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalteng perlu ditingkatkan.

Hal itu terlihat dari kesenjangan Indikator IPM antara IPM laki-Laki dan IPM perempuan dengan perbedaan skor sebesar 8,47.

“IPM laki-Laki sebesar 75,53 dan IPM perempuan sebesar 67,06. Hal ini berarti bahwa pembangunan gender di Provinsi Kalimantan Tengah perlu ditingkatkan, terutama pada IPM perempuan agar seimbang,” sebut Inspektur, KemenPPPA RI Fakih Usman saat Bimtek Pengawasan Terhadap Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG), baru baru ini.

Ia menjelaskan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bersumber dari Pembukaan UUD 1945 alinea keempat pada kalimat Memajukan Kesejahteraan Umum.

Hal itu menurutnya bermakna pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan umum dengan memberikan kesempatan kepada semuanya baik perempuan dan laki-laki.

Mereka memiliki hak yang sama untuk berperan dan mendapatkan manfaat yang setara dari pelaksanaan pembangunan nasional. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru