Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa UPR ke Vietnam dalam Program Kampus Merdeka dan Misi Soft Diplomatik Antar-negara Tetangga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 September 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Palangka Raya, Misrita mendampingi 17 orang mahasiswa pascasarjana dalam program teaching practicum bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Jurusan Oriental Studies Program Studi Bahasa Indonesia, Vietnam National University atau VNU, Kota Ho Chi Minh, Vietnam pada 24-25 Agustus 2023 lalu.

Misrita menyatakan bahwa program ini juga dilaksanakan sebagai upaya program kampus merdeka oleh dosen maupun mahasiswa dan misi soft diplomatik antarnegara tetangga. 

"Selain sebagai misi akademik, kegiatan ini juga membawa misi soft diplomatik untuk menjalin kerjasama yang baik antara negara Indonesia dan Vietnam," kata Misrita dalam rilisnya kepada Borneonews pada Jumat, 8 September 2023.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut program studi magister atau S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya turut mengimplementasikan MoU kerjasama dengan melaksanakan program visiting lecturer dan pengabdian masyarakat.

"Dengan adanya MoU yang telah disepakati bersama, kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan berkontribusi bagi kampus dan negara," tegas Misrita.

Sementara itu, salah satu perwakilan mahasiswa yang berpartisipasi, Risfa Nur Aisyah menyampaikan terima kasih dan rasa bahagianya dapat terlibat menjadi bagian acara tersebut dan berharap melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan bahasa dan mempromosikan budaya Kalimantan Tengah di tingkat Internasional. 

"Kami berterima kasih dan sangat senang bisa membawa nama harum Kalimantan Tengah dan Indonesia," kata Risfa.

Dirinya bangga bisa memperkenalkan budaya Kalimantan Tengah kepada mahasiswa bahkan guru-guru besar di negara Vietnam serta berkesempatan mempresentasikan nilai-nilai kearifan lokal atau local wisdom Kalimantan Tengah lewat kegiatan Teaching Practicum dan Seminar Internasional yang dihadiri oleh dosen dari berbagai negara di dunia, mahasiswa internasional di Vietnam, dan beberapa professor serta pakar dari Indonesia.

"Semoga kegiatan ini dapat memperkenalkan bahasa dan mempromosikan budaya Kalimantan Tengah maupun Indonesia di mata dunia. Sehingga berdampak pula kedepan semakin banyak wisatawan asing yang datang dan belajar ke daerah kita," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru