Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Tirta Barito Buntok Sambangi Camat GBA Koordinasikan Penyaluran Air Bersih

  • Oleh Tim Borneonews
  • 11 September 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Memasuki musim kemarau panjang yang melanda Kabupaten Barito Selatan (Barsel) salah satu terdampak krisis air bersih Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), di sambangi langsung oleh PDAM Tirta Barito Buntok untuk melakukan koordinasi penanganan krisis tersebut.

Direktur PDAM Tirta Barito Buntok Rona Cipta melalui Kepala Bidang (Kabid) Teknik Herois Vlata mengatakan, pihaknya siap menyediakan air bersih kepada desa yang terdampak krisis air bersih secara gratis. Namun, salah satu faktor yang perlu di perhatikan adalah masalah transportasi angkutan dan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Barsel serta pemadam kebakaran yang memiliki truk tangki dalam penyaluran ke desa yang terdampak krisis air.

"Kami PDAM siap menyalurkan air bersih secara gratis, namun ketersediaan truk atau mobil tangki yang perlu diperhatikan" ucapnya.

Selama ini menurutnya, di wilayah Buntok dan sekitarnya seperti Desa Pararapak permintaan air bersih telah di salurkan atas permintaan desa setempat. "Karena itu hal ini dapat juga di lakukan di desa lainnya. Bahkan apabila ada acara kegiatan Desa yang memerlukan air bersih, kami siap menyalurkannya untuk masyarakat kita, berikan pemberitahuan atau surati kepada kita," ungkapnya.

Sementara itu, Camat GBA Yust Ellgolan mengatakan, bahwa pihaknya akan menjalin kerjasama dalam pengangkutan air bersih kepada perusahaan yang ada di wilayah sekitar. Karena pola kerjasama perlu di lakukan dan di jalin dalam saranan pengangkutan air tangki tersebut.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan PDAM Tirta Barito Buntok ke sini. Memang, di daerah Patas I tepatnya bipak kali dan simpang sayang. Kepada pemdes saya akan memberitahukan untuk mengabarkan apabila terjadi krisis air bersih untuk mengabarkan secepatnya kepada kami, unit PDAM setempat ataupun langsung ke PDAM Tirta Barito," terangnya.

Karena lanjut ia, sumber air bersih di patas I ada unit PDAM, tidak jauh dari bipakali dan tentu bisa membackup ketersediaan air bersih. "Intinya kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan informasinya, ini akan saya sampaikan kepada pemdes setempat," katanya.

PDAM akan siap untuk terus menyalurkan air bersih, karena PDAM adalah penerima manfaat dan pengelolaa aset pemerintah. Untuk penambahan pipa ataupun memperluas serta menambah masuk dalam ranah dinas terkait. (gor)

Berita Terbaru