Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PU Gunung Mas Normalisasi Sungai ini untuk Cegah Banjir

  • Oleh Riska Yulyana
  • 10 September 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan normalisasi sungai di perbatasan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dan Desa Tanjung Riu Kecamatan Kurun.

"Normalisasi sungai tersebut dilakukan untuk meminimalisir genangan banjir di kiri kanan jalan bahkan badan jalan apabila curah hujan lebat dan berlangsung lama," ujar Bupati Gumas Jaya Samaya Monong melalui Kepala DPU Gumas Baryen, Minggu, 10 September 2023.

Dia melanjutkan bahwa normalisasi sungai untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi sungai secara normal, dengan merapikan serta memperlebar dan memperdalam sungai supaya memiliki daya tampung yang ideal dalam menampung volume dan debit arus air, sehingga banjir tidak mengenangi kawasan itu.

Selanjutnya akan dilakukan pemasangan penahan berupa kantong-kantong pasir yang sifatnya untuk membuat konstruksi lebih permanen, lebih tahan terhadap gerusan air.

“Semua itu dilakukan untuk mengurangi hambatan ketika terjadi musim hujan, mengingat jalan itu masih dalam observasi kami, idealnya seperti apa penanganan selanjutnya," kata Baryen.

Untuk sementara lanjut Baryen, pihaknya memastikan jalan di kawasan tersebut fungsional demi kelancaran arus lalu lintas.

Sungai di kawasan perbatasan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dan Desa Tanjung Riu yang dilakukan normalisasi oleh DPU Gumas kerap meluap karena hujan turun dengan curah lebat akibatnya menggenangi badan jalan di kawasan itu hingga menghambat arus lalu lintas. (RISKA YULYANA/J)

Berita Terbaru