Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memasarkan Produk Lokal ke Kancah Global Lewat Media Sosial

  • Oleh ANTARA
  • 11 September 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pada awal kemunculannya, media sosial hanya menawarkan fitur-fitur untuk menjalin hubungan dengan kerabat secara sederhana, yaitu mengetikkan nama dan mengirimkan permintaan pertemanan.

Seakan menjawab kebutuhan pengguna yang makin berkembang seiring zaman, beragam aplikasi media sosial hadir dengan menawarkan kelebihan masing-masing. Salah satu yang populer adalah aplikasi berbagi foto serta video.

Beberapa hal yang bisa dilakukan selain menjalin pertemanan dalam media sosial adalah memberikan ulasan pada restoran yang menjual makanan lezat ataupun menunjukkan baju yang baru saja dibeli lewat media sosial.

Dari sana, bermunculan pula orang-orang yang membagikan barang favorit mereka lewat kata-kata merayu pada hasil foto atau video yang diunggah pada aplikasi.

Mereka disebut influencer atau yang dalam bahasa Indonesia adalah pemengaruh. Kehadirannya pun dimanfaatkan menjadi jembatan antara pemilik usaha dengan pengguna lewat kerja sama promosi.

Seiring berkembangnya teknologi yang dimanfaatkan media sosial untuk menelurkan fitur-fitur teranyar, alat tersebut pun menjadi sarana batu loncatan yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk melebarkan sayap pemasaran.

Kehadiran pemengaruh

Dari banyaknya pemengaruh fesyen di media sosial, ada salah satu nama yang sudah dikenal banyak orang. Foto-fotonya kerap muncul dalam kiriman unggahan pengguna yang mengulas suatu produk, dialah Astri Ratnasari. Saat ini jumlah pengikut pada salah satu media sosialnya sebanyak 248 ribu.

Astri bercerita bahwa awalnya ia tak berniat untuk menjadi pemengaruh. Saat pertama kali membuat akun media sosial pada sekitar 2015-2016, ia suka membagikan inspirasi berpakaiannya kepada teman-temannya.

Barulah pada dua sampai tiga tahun terakhir, ia mulai dilirik oleh para pengguna media sosial yang menyukai gaya berbusananya yang bertemakan elegan dan feminin. Pengikutnya pun mulai berkembang pesat hingga akhirnya semakin banyak sampai sekarang.

Karena ia memiliki personal branding yang kuat, sejumlah Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) fesyen yang sesuai dengan gaya busana Astri pun memilih dia untuk mempromosikan produk mereka.

Berita Terbaru