Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Sumur Bor dari Pemprov Tak Berguna, Kami Perlu Embung

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 September 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengatakan sumur bor yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak berguna, justru daerah ini perlu embung.

"Selanjutnya saya minta perhatian juga untuk ke depan untuk sumur bor itu kalau provinsi membuat program itu ditolak saja. Kalau perlu kita bersurat. Tidak berguna itu. Karena jika tidak terpelihara semua sumur bor yang dibuat itu macet," kata Halikinnor, Senin, 11 September 2023.

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat koordinasi penetapan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim.

Dalam rapat tersebut mencuat bahwa embung mulai mengering dan muncul saran dari BPBD agar pemerintah daerah turun tangan memelihara sumur bor yang dibangun Pemprov Kalteng.

"Sumur bor jika tidak kemarau 1 tahun bahkan 3 bulan tidak disedot akan mati. Lebih baik siapkan anggaran provinsi berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membuat Embung," ujar Halikin.

Menurutnya, embung jika tidak dipelihara air akan tetap ada. Hanya rumput tumbuh di sekitarnya.

"Berbeda kalau ada warga sekitar yang menggunakan sumur bor. Ke depan supaya beli tanah untuk membuat embung. Nanti BPBD dibantu instansi lainnya mencari titik-titik untuk pembuatan Embung itu lebih efektif daripada sumur bor kalau tidak dipakai macet," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru