Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Siapkan Bonus Besar Bagi Warga yang Melaporkan Pelaku Pembakar Lahan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 September 2023 - 22:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyiapkan bonus besar bagi warga yang melaporkan pelaku pembakar lahan.

"Kalau perlu diberi hadiah bagi siapa saja yang melapor dan menyaksikan pelaku pembakar lahan. Masyarakat yang melapor diberi uang supaya ketahuan pelakunya," kata Halikinnor, Senin, 11 September 2023.

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat koordinasi penetapan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim.

Ia akan memberikan uang Rp 10 juta bagi siapapun yang melaporkan disertai bukti seperti video atau foto. Bahkan ia mengeluarkan dana tersebut dari kantong probadinya karena tidak ada regulasi yang mengaturnya.

"Biar masyarakat ikut memperhatikan. Supaya berpikir juga yang membakar lahan ini," ujarnya.

Hal tersebut mencuat karena sebagian besar lahan terbakar diduga faktor kesengajaan. Bahkan halikin menyaksikan lokasi lahan terbakar di Jalan Pramuka, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Lokasi dan pola kebakaran diduga akibat ulah manusia.

"Seperti kata Dandim begitu hari libur kenapa api semakin banyak jangan-jangan ini karena masyarakat libur ini membakar lalu membakar lahan mumpung panas," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru