Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dapodik Miliki Peran Penting dalam Pembangunan Pendidikan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 September 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng mengingatkan peran penting data dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam perencanaan pembangunan pendidikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty menyampaikan Dapodik ini merupakan salah satu bahan rujukan utama Disdik Provinsi Kalteng.

Melalui Dapodik, data sekolah dapat membantu dalam penyaluran bantuan bagi sekolah, begitu juga data terkait dengan tunjangan guru hingga data siswa yang bermanfaat dalam penyaluran bantuan untuk siswa tidak mampu.

“Dapodik merupakan sumber data utama program perencanaan pendidikan. Dapodik juga sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal maupun Standar Nasional Pendidikan dalam hal pengelolaan sumber data untuk kebutuhan pelayanan pendidikan,” ujarnya saat kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan Provinsi Kalteng di Hotel Neo PALMA, Senin malam, 11 September 2023.

Adapun data yang dikelola pada Dapodik meliputi data sekolah, guru, siswa, sarana dan prasarana, rombongan belajar dan data lainnya. Data tersebut disajikan secara obyektif dan real time.

"Melalui kegiatan ini saya mengharapkan agar para operator sekolah dapat terus melakukan proses pembaruan data dan memperhatikan kualitas data yang di-input ke Dapodik,” ungkap Eka. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru