Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peredaran Narkoba Saat ini Telah Merambah ke Pelosok

  • Oleh Ramadani
  • 14 September 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan peredaran dan penyalahgunaan narkoba saat ini tidak hanya merambah di perkotaan saja, namun telah merambah di seluruh pelosok desa dan kelurahan yang ada di daerah setempat.

Nadalsyah mengatakan itu dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Eveready Noor pada acara peresmian kampung bebas narkoba di Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Rabu, 13 September 2023.

“Kecenderungannya sebagian besar penyalahgunaan narkoba justru terjadi di desa dan kelurahan. Pemerintah Desa/Kelurahan juga tidak luput dari permasalahan narkoba, pekerja yang berada di desa/kelurahan seperti nelayan, pekerja tambang, pekerja kelapa sawit, ibu rumah tangga, para pemuda, juga rentan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” kata dia. 

Dikatakannya, Desa/Kelurahan yang berada di wilayah penyangga kota seperti di Kelurahan Jambu ini bisa menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba, selain itu adanya program pemerintah yang fokus pada kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan, sehingga berdampak pada perekonomian desa dan kelurahan yang kian meningkat. 

“Kini menjadikan desa dan kelurahan sebagai potensi bisnis baru bagi para bandar narkoba. Maka diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menanggulangi permasalahan narkoba,” katanya. 

Ditambahkannya, Pemkab Barito Utara melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK) dan instansi lain termasuk kepolisian berinisiatif menjadikan Kelurahan Jambu sebagai percontohan untuk mewujudkan Kabupaten Barito Utara yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Dijelaskannya, tercatat di Kabupaten Barito Utara terdiri dari 93 desa dan 10 kelurahan yang terbagi menjadi 9 (sembilan) kecamatan, dengan data tesebut apa bila semua masyarakat dan pemerintah daerah, pemerintah desa, kelurahan ikut bergerak dan terlibat dalam melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika diyakini akan mampu menurunkan angka prevalensi dan mewujudkan Barito Utara yang bersih dari narkoba.

“Kami harapkan juga nantinya 9 kecamatan yang ada di Barito Utara ini ada role model atau percontohan desa dan kelurahan yaitu desa dan kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar), keberhasilan pelaksanaan desa dan kelurahan bersinar sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen seluruh pemangku kepentingan. 

Pada kesempatan ini Bupati melalui asisten Sekda mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan partisipasi dari berbagai pihak terutama, Kapolres Barito Utara, BNK Barito Utara, Kelurahan Jambu, para relawan dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Semoga semua program Desa Bersinar dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/J)

Berita Terbaru