Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Sensus Ekonomi Harus sesuai Fakta

  • 13 April 2016 - 20:14 WIB

BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukamara meng'ada'kan sosialisasi sensus eko'nomi 2016 yang diikuti 54 petugas sensus.

Sosialiasi yang digelar di Aula Badan Perencana'an Pembangunan Daerah (Bappeda) pada Rabu (13/4/2016) itu, dibuka oleh Bu'pati Sukamara Ahmad Dir'man.

Dalam sambutannya, Bupa'ti mengatakan bahwa pelaksa'na'an sensus ekonomi  bertu'ju'an untuk mendapatkan po'tret utuh perekonomian bang'sa.

Potret itu kemudian dija'di'kan sebagai landasan pe'nyu'sunan kebijakan dan pe'rencanaan pembangunan na'sional maupun regional. 

'Melalui sensus ekonomi akan didapat gambaran leng''kap mengenai level dan struk'tur ekonomi non perta'ni'a'n, berikut informasi dasar dan karakteristiknya,' kata Bupati.

Selain itu, juga akan diketa'hui daya saing bisnis di Indo'nesia, serta penyediaan kebu'tuh'an informasi usaha.

'Karenanya, bila data yang di'hasilkan salah atau tidak aku'rat, sasaran pembangun'an di bidang ekonomi di ma'sa yang akan datang menja'di tidak tepat,' ungkapnya.

Oleh sebab itu, Bupati me'ne'''gaskan agar data yang di'd'apat petugas sensus dari ma''syarakat benar-benar aku'rat. Untuk itu, petugas sensus di'minta tidak sekadar menja'lan'kan tugas pendataan, te'ta'pi juga memastikan data yang diperoleh benar dan pas'ti, serta bisa dipertang'gung'jawabkan.

'Ini potret dari sebuah ka'bupaten, mudah-mudah'an hasil kerja ini menjadi sum'bangan besar dari Kabupa'ten Sukamara dan menjadi ke'wajiban kita untuk nasio'nal,' ujarnya.

Bupati turut pula meminta jajar'an BPS dapat menjalankan ke'giatan sensus ekonomi de'ngan sungguh-sungguh se'suai pedoman dan tugas po'kok serta fungsi masing-m'asing. 

Sedangkan kepada masya'ra'kat, Bupati mengimbau agar tidak takut bertemu de''ngan petugas sensus serta mem''berikan informasi yang benar.

'Berikan jawaban seada'nya jangan ditambah, jangan di'kurangi. Itu penting. Jadi ka'mi imbau kepada masya'ra''kat untuk memberikan in'formasi yang benar jangan takut, tidak ada masalah,' ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Statistik Distribusi BPS Provinsi Ka'limantan Tengah Bambang Supriono, mengatakan bah'wa sensus ekonomi akan men'data semua usaha atau kegiatan ekonomi masyarakat, baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar.

'Sensus ekonomi 2016 ini me'liput semua kegiatan eko'no'mi baik usaha pribadi ma'sya'rakat hingga perusahaan be'sar,' katanya.

Pelaksanaan sensus ekono'mi dilakukan selama satu bu'lan yakni 1-30 Mei 2016. 'Se'lama sebulan penuh akan me'lakukan pendataan lapang'an dan mohon dukungan dari ma'syarakat karena kami meng'harapkan hasil yang sebenarnya.' (MG13/B-3)

Berita Terbaru