Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Manfaat Donor Darah

  • Oleh Pathur Rahman
  • 18 September 2023 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) Ke - 78, Kepala Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Kota Palangka Raya dr Hendra Panguntaun membagikan lima manfaat donor darah.

Pertama, Salah satu manfaat donor darah adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Jika kadar kolesterol terkontrol, maka risiko penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis) akan berkurang, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Manfaat kedua, Donor darah secara rutin dapat membuat jantung berdetak lebih stabil dan teratur,rutin mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker. Bahkan, kadar zat besi dalam darah bisa lebih stabil dengan rutin mendonorkan darah.

Manfaat ketiga, meningkatkan produksi eritrosit (sel darah merah) baru. Sel darah merah baru dapat mengangkut oksigen dengan lebih efektif ke seluruh organ tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Manfaat keempat, Sebelum melakukan donor darah, setiap pendonor dapat menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk mendeteksi beberapa penyakit menular serius.

Manfaat kelima, rutin melakukan donor darah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Pasalnya, pendonor akan merasa termotivasi untuk menjalani hidup yang lebih sehat sekaligus membantu orang lain.

"Dengan adanya lima manfaat donor darah ini, saya harap masyarakat Kota Palangka Raya tidak takut lagi mengikuti bakti sosial donor darah yang biasa dilaksanakan dalam event tertentu," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru