Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belajar Daring: Solusi Aman Saat Terjadi Kabut Asap Mengancam

  • Oleh Apriando
  • 19 September 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengamat kebijakan publik, Ricky Zulfauzan menyarankan, agar pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk dapat merumuskan modul pembelajaran khusus yang dapat digunakan pada saat kondisi darurat bencana kabut asap. Modul itu dibuat dengan menitikberatkan kemandirian siswa saat belajar dari rumah.

"Jika kabut asap kembali di level berbahaya, maka belajar daring adalah pilihannya. Ini sudah berhasil kita lewati pada pandemi Covid-19 kemarin. Namun memang masih perlu penyesuaian lagi seperti menyiapkan modul pembelajaran khusus," katanya,  Selasa, 19 September 2023

Menurut dosen Ilmu Pemerintahan dari Universitas Palangka Raya ini, meski metode belajar daring masih terbilang belum efektif dilakukan ketimbang belajar secara tatap muka, namun hal tersebut menjadi pilihan terbaik yang dapat dilakukan saat ini. Dengan menerapkan belajar daring, siswa jauh lebih aman dan sehat.

"Kita harus menyadari kalau pendidikan itu harus tetap berjalan, untuk itu jika memang sudah tidak memungkinkan tatap muka belajar daring menjadi solusi yang harus diambil. Agar pendidikan tetap berjalan dan kesehatan anak terjaga," jelasnya.

Ricky berharap, agar pemerintah daerah dapat berupaya maksimal dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, guna mencegah terjadinya bencana kabut asap seperti pada tahun 2015 dan 2019 lalu. Upaya penanganan harus dilakukan mulai dari hulu ke hilir.

"Bencana kabut asap ini terjadi karena kebakaran hutan dan lahan yang masif terjadi. Oleh karenanya saya sarankan agar penanganan dampak kebakaran hutan dan lahan dapat ditangani dari pokok masalah," tandasnya. (APRIANDO/H)  

Berita Terbaru