Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Gunung Lumut Jadi Taman Nasional

  • 14 April 2016 - 19:44 WIB

WAKIL Ketua DPRD Barut Acep Tion mendukung rencana peningkatan status hutan gunung lumut menjadi taman nasional. Menurutnya, jika hutan Gunung Lumut yang berbatasan dengan Kaltim tersebut dijadikan taman nasional, maka bisa menjadi ikon daerah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

'Saya mendukung peningkatan status hutan Gunung Lumut jadi taman nasional, dan berharap peningkatan SK Peningkatan status tersebut dapat secepatnya keluar oleh Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,' katanya, Rabu (13/4/2016).

Diutarakannya, soal pe'ningkatan status hutan Gunung Lumut juga sudah dibahas di provinsi beberapa waktu lalu. Berdasarkan pertemuan tersebut rencana peningkatan status hutan tersebut mendapat dukungan dari bupati, DAD dan tokoh-tokoh masyarakat.

'Saat ini peningkatan status hutan tersebut menjadi taman nasio'nal prosesnya terus dilanjutkan, dan dalam hal ini akan segera berkonsultasi lagi ke pusat,' katanya.

Hutan Gunung Lumut dinilai penting keberadaannya, karena merupakan sentral air bersih yang menyuplai air ke 17 desa. Apabila pada hutan tersebut dilakukan eksplorasi oleh perusahaan kawatirnya dapat menimbulkan kerusakan. 

'Potensi yang ada di hutan gunung lumut sangat banyak seperti kayu hutan, mahluk hidup dan lainnya. Jika statusnya tidak dijadikan taman nasional khawatirnya nantinya ada pihak yang merusak. dan selain itu hutan tersebut juga merupakan tempat yang sakral bagi masyarakat umat hindu kaharingan, untuk dalam pelaksanaan ritual-ritual jadi perlu dijaga kelestariannya,' katanya.

(DN/B-5)

Berita Terbaru