Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuota Program Indonesia Pintar untuk Gunung Mas Capai Ratusan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 22 September 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kabupaten Gunung Mas mendapatkan kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau saat ini dikenal dengan nama Program Indonesia Pintar (PIP) mencapai ratusan, baik yang SD dan SMP.

"Untuk Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2023 ini mendapatkan kuota PIP untuk SD sebanyak 24 sekolah dengan jumlah peserta didik 764 orang dan 13 SMP dengan jumlah peserta didik mencapai 525 orang," ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, Jumat, 22 September 2023.

Dia melanjutkan, proses pengusulan untuk mendapatkan PIP yakni melalui operator data pokok pendidikan (Dapodik) sekolah tingkat SD dan SMP.

Kriterianya kata Jaya yakni anak orang yang kurang mampu yang memegang kartu program keluarga harapan (PKH) yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Selain itu PIP juga diperuntukan untuk anak yatim piatu yang tidak mempunyai kartu PKH.

Untuk besaran yang diterima oleh anak penerima manfaat untuk tingkat SD yakni untuk kelas I semester I dan kelas VI semester akhir yakni Rp225 ribu per tahun. Kemudian untuk kelas II sampai kelas V mendapatkan Rp450 ribu per tahun.

Sedangkan pada tingkat SMP untuk kelas I sebesar Rp375 ribu per tahun, lalu untuk kelas II dan III SMP mendapatkan RP750 ribu per tahun. Untuk proses pencairannya melalui Bank BRI. (RISKA YULYANA/J)

Berita Terbaru