Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga di Lamandau Kesulitan Air Bersih

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 September 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Musim kemarau telah  membuat sejumlah warga kesulitan air bersih. Sumber-sumber air bersih seperti sumur dan sungai mulai mengering. Warga terpaksa membeli air ke PDAM maupun penjual air galonan untuk keperluan makan, minum, mandi, cuci dan kakus.

Menyikapi kondisi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau mulai membantu mendistribusikan air bersih ke desa-desa terdampak. Terkhusus, desa yang jauh dari kota dan kesulitan mendapatkan kiriman air bersih. 

“Mobil damkar kita tidak hanya digunakan untuk melakukan pemadaman api saat terjadi karhutla, tapi juga membantu warga desa yang kesulitan air bersih,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Lamandau Hendikel saat dikonfirmasi pada Senin, 25 September 2023.

Layanan penyaluran air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Lamandau itu gratis. Untuk mendapatkan bantuan air bersih, terang Hendikel, Kepala desa dapat menyurati BPBD ataupun PDAM untuk meminta bantuan air bersih, nanti BPBD akan membantu pendistribusian.

“Di lapangan kita juga didampingi oleh anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar penyaluran air bersih berjalan dengan tertib,” bebernya.

Selain melakukan penyaluran air bersih, imbuh dia, pihaknya juga langsung melakukan peninjauan desa-desa terdekat yang kesulitan air bersih untuk dilakukan maping atau pemetaan desa-desa terdampak kekeringan.

“Jika membutuhkan air bersih, warga melalui kepala desa, ketua RT/RW atau ketua lingkungan setempat bisa menyurati kami (permohonan bantuan),” pungkasnya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru