Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan TTE Upaya Mewujudkan Transformasi Digital di Lingkungan Pemerintah Daerah

  • Oleh Riska Yulyana
  • 26 September 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pj Sekda Gunung Mas Richard mengatakan kegiatan pelatihan teknis tanda tangan elektronik (TTE) sebagai upaya mewujudkan transpofmasi digital.

"Pelatihan TTE yang  kita laksanakan hari ini sebagai upaya kita bersama dalam rangka mewujudkan transformasi digital di lingkungan Pemerintah Daerah," ujar Richard melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Letus Guntur, Selasa, 26 September 2023.

Selain itu kata Letus Guntur, melalui pelatihan teknis TTE tersebut menjadi implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang keseluruhannya bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Lebih lanjut, Letus Guntur mengatakan, kegiatan tersebut penting dilaksanakan karena sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).  

Kemudian Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022, Pasal 24 disebutkan Penyelenggaraan Transaksi Elektronik wajib menggunakan Sertifikat Elektronik dan Peraturan Bupati Gunung Mas Nomor 20 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik di Lingkungan Pemerintah Daerah.

"Penggunaan teknologi, khususnya teknologi informasi komunikasi, pada instansi pemerintah saat ini berkembang sangat pesat. Selain dalam rangka mewujudkan good governance, juga untuk mendukung industri 5.0," paparnya.

Dia mengatakan bahwa salah satu penjabaran dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas adalah Smart Human Resources yang mana aparatur Pemerintah harus beradaptasi dengan teknologi digital untuk bisa memperkuat ketepatan dan keakuratan data kearsipan menjadi lebih baik.

Apalagi perkembangan teknologi di era ini menuntut pelayanan publik untuk terus beradaptasi dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal tata kelola kearsipan.

"Mari kita sukseskan pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik  dan Srikandi," tukas Letus Guntur.

"Saya mengharapkan penggunaan TTE  dalam aplikasi Srikandi dapat menjadi lompatan besar bagi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel," imbuhnya. (RISKA YULYANA/J)

Berita Terbaru