Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suhaemi: Jaminan Kesehatan Tanggung Jawab lintas Sektoral

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 September 2023 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Setda Kalteng, Suhaemi mengingatkan jaminan kesehatan sebagai tanggungjawab bersama.

“Jaminan kesehatan adalah salah satu jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, implementasinya merupakan tanggung jawab bersama lintas sektoral,” ungkapnya saat mewakili Sekda Kalteng dalam rapat forum pemangku kepentingan di Aula Eka Hapakat (AEH) Kantor Gubernur Kalteng, Selasa, 26 September 2023.

Ia mengingatkan jaminan kesehatan memerlukan peran baik dari pemerintah pusat/daerah, penyelenggara jaminan sosial, penyedia pelayanan kesehatan dan lembaga/organisasi/komunitas masyarakat.

“Tujuannya adalah supaya program JKN-KIS ini dapat  berjalan optimal, dan setiap peserta mudah memperoleh manfaat jaminan kesehatan,” tuturnya.

Suhaemi mengatakan manfaat kesehatan tersebut bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Dia menekankan perlu langkah nyata dalam rangka menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat sesuai RPJMN Tahun 2020 – 2024.

“Perlu adanya langkah nyata agar program JKN KIS ini dapat berjalan dengan baik, dan dirasakan oleh peserta khususnya di Provinsi Kalteng,” sebut dia. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru