Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diduga LakukanPencucian Uang, Anggota Minta Manager KoperasiCredit Union Eka Pambelum Itah Ditahan

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 27 September 2023 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Anggota Koperasi Credit Union Eka Pambelum Itah minta manager koperasi ditahan, lantaran diduga melakukan pencucian uang senilai 11 miliar.

Kasus pencucian uang ini bermula saat manager koperasi yang berinisial N ini melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan pada tahun 2016. Namun, saat itu pelaku sempat menjalani hukuman selama 3 tahun.

Parlin B Hutabarat selaku kuasa hukum korban anggota koperasi meminta kepada penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotim untuk menahan pelaku karena telah merugikan anggota koperasi sebanyak 6.000 orang.

"Kami juga meminta pelaku ini ditahan dan semua aset miliknya disita juga semua aset miliknya di sita untuk dikembalikan ke para anggota yang menjadi korban sebagai ganti rugi kepada korban," kata Parlin B. Hutabarat, Rabu, 27 September 2023.

Parlin juga menuturkan bahwa pelaku ini sudah melakukan penyelidikan tingkat Polda Kalteng. Namun, pelaku tidak ditahan oleh karena itu para anggota meminta setelah dilakukan penyidikan di Kejaksaan Negeri untuk menahan pelaku.

"Nantinya pada saat pelimpahan N ini harus ditahan karena para anggota sudah mulai geram terhadap pelaku," jelasnya.

Seluruh anggota koperasi mengharapkan pada Jaksa dan Hakim yang nantinya mengadili perkara TPPU ini dapat memberikan keadilan dalam bentuk penyitaan terhadap seluruh harta kekayaan pelaku yang diduga merupakan hasil pencucian uang.

"Dan harta kekayaan tersebut dapat dikembalikan kepada anggota koperasi sebagai cara pengembalian kerugian yang telah diderita oleh anggota koperasi," jelas Parlin B. Hutabarat.

Sementara itu salah satu anggota koperasi bernama Polmer J Manurung juga mengatakan, dirinya mengalami kerugian sekitar ratusan juta rupiah. Dan berharap proses persidangan kasus ini cepat berjalan dan pelaku ditahan.

Berita Terbaru