Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maulid Nabi Muhammad di Masjid Baburahmah Diwarnai Tradisi Baayun

  • Oleh Pathur Rahman
  • 28 September 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Masjid Baburahmah Jalan Jati Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah atau 2023 Masehi.

Panitia Maulid Nabi Muhammad Masjid Baburahmah Abramsyah mengatakan, kegiatan maulid nabi kali ini diwarnai dengan kegiatan baayun dan tampung tawar, di mana pihaknya menyediakan setidaknya 158 ayunan dari bahan sarung di masjid.

Baayun Maulid adalah kegiatan mengayun bayi atau anak sambil membaca syair Maulid. Baayun Maulid dilaksanakan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Tradisi ini biasanya dilaksanakan oleh masyarakat Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel). Baayun Maulid merupakan kegiatan mengayun anak (bayi) sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tujuan tradisi ini adalah anak-anak Banjar jika sudah besar bisa mengikuti keteladanan Nabi Muhammad SAW dan berbakti kepada kedua orang tua. Dan bisa menjadi anak yang saleh maupun salihah.

"Alhamdulillah semua ayunan yang kami sediakan ini terisi penuh, masyarakat sekitar Jalan Jati begitu antusias menghadiri kegiatan maulid nabi Muhammad yang disertai dengan tradisi baayun," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru