Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 29 September 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Ferry Khaidir mendorong pemda bersama pihak terkait lainnya supaya dapat mendukung pelestarian olahraga tradisional yang ada di Kalteng.

Menurut Ferry, dalam upaya melestarikan olahraga tradisional, pastinya dukungan sangat penting seperti halnya menggelar berbagai event pada bidang olahraga, sehingga keberadaannya tidak lekang oleh waktu.

"Kalteng ini memiliki banyak olahraga tradisional yang harus dapat dilestarikan, dalam melestarikannya jangan hanya pada kegiatan tertentu saja, tapi dengan menggelar event berkelanjutan," ucapnya, Jumat, 29 September 2023.

Ferry mengungkapkan, seperti olahraga tradisional sepak sawut atau sepak bola api, besei kambe, katinting dan lain-lain sebisa mungkin harus dilestarikan sebab beberapa bidang olahraga itu masih belum populer dikalangan masyarakat.

"Melalui pelestarian pastinya akan dapat membuat olagraga tersebut populer atau dikenal masyarakat luas. Olahraga tradisional juga merupakan budaya, jadi sangat penting adanya upaya pelestarian," tuturnya.

Di sisi lain, Ferry pun mengapresiasi setiap adanya event budaya di Kalteng ini selalu mempertandingkan olahraga tradisional. Seperti misalnya sepak sawut dan besei kambe ketika kegiatan Festival Budaya Isen Mulang. (FBIM).

"Namun terlepas dari itu yang kita harapkan mempertandingkan olahraga tradisional ini tidak hanya pada event budaya saja, tapi buat event lain juga, sehingga keberadaannya bisa terus dilestarikan dan dapat dikenal masyarakat," tandasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru