Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Germas Penting untuk Terus Digalakkan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 September 2023 - 22:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan, gerakan masyarakat atau Germas hidup sehat ini penting untuk terus digalakkan di semua tatanan masyarakat.

Karenanya, lanjut dia Germas melalui deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) terus dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaga agar masyarakat khususnya ASN tetap dalam kondisi sehat dan bugar, sehingga produktifitas akan meningkat dan pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan lebih optimal

"Deteksi dini yang merupakan bagian dari Germas ini bertujuan untuk menjaga orang yang belum menderita PTM agar tetap sehat dan bagi yang sudah menderita PTM agar dapat terhindar dari kondisi yang parah," katanya, Jumat, 29 September 2023.

Terlebih, kata dia berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas No 41 tahun 2022 tentang Germas yang mana setiap Organisasi Perangkat Daerah mengambil peran untuk mendukung pelaksanaan Germas.

"Salah satu tugas Dinas Kesehatan adalah melaksanakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) di Instansi Pemerintah (Pasal 9 point c)," jelasnya.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas pada bulan Agustus dan September 2023 telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di lingkungan kerja OPD Kabupaten Kapuas berupa kegiatan deteksi dini PTM.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah diantaranya senam bersama, wawancara faktor risiko PTM, pemeriksaan/pengukuran, meliputi ; tinggi badan, berat badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, gula darah, kolestrol (terbatas/sesuai indikasi), promosi dan konseling kesehatan. (DODI/H)

Berita Terbaru