Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Masker Bantu Jaga Kesehatan Paru-paru

  • Oleh Marini
  • 30 September 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penggunaan masker yang tepat di luar ruangan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Tentunya untuk melindungi dari komponen asap kebakaran hutan terdiri atas gas, partikulat dan uap. 

Masing-masing dari komponen asap tersebut memiliki dampak terhadap kesehatan. Setidaknya dengan alat pelindung diri (APD) seperi masker bisa jadi alternatif, terutama untuk melindungi dari partikel-partikel berukuran besar. 

"Menggunakan masker untuk mengurangi masuknya partikel debu maupun partikel lain dari buruknya asap di Kota Palangka Raya," ucap Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan, Jumat, 29 September 2023.

Alman juga menegaskan, jangan membakar lahan secara sembarangan karena hal tersebut merupakan pemicu kebakaran hutan dan lahan. Sebab, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, dampaknya cukup luas yang tentunya merugikan semua orang. 

"Asap di tempat kita sekarang sudah mulai pekat. Saya tegaskan minta tolong kepada masyarakat, jangan bakar lahan apalagi tidak dibuat sekat batasnya yang dapat merembet dan api menjadi besar," katanya.

Ia mengharapkan kerja sama dan koordinasi semua pihak dalam hal tersebut. Pemerintah, pihak berwajib tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat.

Kemudian, dirinya juga berharap, Kota Palangka Raya segera turun hujan, sehingga membantu memperbaiki keadaan yang ada, terutama untuk meredanya asap, kesehatan paru-paru terjaga dan lahan yang terbakar segera padam. (MARINI/Y)

Berita Terbaru