Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maknai Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Momentum Menghormati Perjuangan Pahlawan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Oktober 2023 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Papangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kalteng untuk dapat memaknai Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2023 ini sebagai momentum menghormati jasa-jasa para pahlawan.

Sirajul mengatakan, atas dasar bukti Kesaktian Pancasila dan keteguhan para pejuang menjaga ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mereka rela berkorban demi bangsa ini, di mana hari Kesaktian Pancasila tentu erat kaitannya dengan peristiwa G30S PKI yang menewaskan 7 perwira TNI AD.

"Peristiwa tersebut dianggap sebagai bukti kesaktian Pancasila, jadi jasa-jasa para pejuang itu harus kita hormati, karena mereka lah kita bisa hidup rukun, aman, damai di negeri ini. Jadikan perjuangan para pejuang itu sebagai contoh keteguhan dan pengabdian kepada negara," ujarnya, Minggu, 1 Oktober 2023.

Selain itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga agar dijadikan sebagai pengingat pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi yang harus dijunjung tinggi. Tetap jaga persatuan dan kesatuan meskipun bangsa ini memiliki beragam suku, agama, dan budaya, sebab Pancasila merupakan perekat yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia.

Di sisi lain, Hari Kesaktian Pancasila juga merupakan kesempatan untuk semua pihak menguatkan tekad dalam menjaga dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara termasuk nilai-nilai seperti keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan.

"Pastinya dengan memaknai Hari Kesaktian Pancasila secara mendalam, kita dapat lebih menghargai dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta berkomitmen untuk menjaga persatuan dan keutuhan negara Indonesia. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Ideologi terjada Indonesia tetap jaya," ucapnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru