Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelayanan KB Gratis untuk Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Kabupaten Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 03 Oktober 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Seruyan melaksanakan kegiatan pelayanan kontrasepsi gratis bagi akseptor Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Non-MKJP.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keluarga berencana serta mendukung program pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Pelayanan kontrasepsi gratis ini berlangsung di wilayah Kecamatan Hanau dan melibatkan Dinas Kesehatan melalui (UPTD) Puskesmas Kecamatan Hanau, Klinik Perusahaan Swasta, serta Pendamping Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB) dari DP3AP2KB Kabupaten Seruyan.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 34 orang akseptor kontrasepsi mendapatkan pelayanan. Dari jumlah tersebut, 21 orang menggunakan MKJP Implan, 5 orang menggunakan IUD, 1 orang menggunakan suntik, dan 4 orang menggunakan kondom.

Selain itu, pelayanan juga diberikan kepada akseptor MKJP yang telah habis masa efektif alat kontrasepsinya, dengan melakukan pelepasan Implan pada 2 orang dan pelepasan IUD pada 1 orang.

Menurut Kepala DP3AP2KB Seruyan, Junaidi, kegiatan pelayanan kontrasepsi ini akan terus dilaksanakan pada hari-hari berikutnya melalui fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Hanau.

Hasil dari kegiatan pelayanan ini akan dilaporkan melalui penginputan aplikasi pelaporan Sistem Informasi Keluarga Berencana (SIGA).

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan kontrasepsi secara gratis tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya perencanaan keluarga,” tandasnya. (FAHRUL/H)

Berita Terbaru