Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Turunkan Tim Telusuri Pelabuhan Batu Bara di Luwuk Bunter

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 April 2024 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor turunkan tim untuk menelusuri pelabuhan batu bara di Desa Luwuk Bunter, Kecamatan Cempaga yang diprotes warga.

"Terkait protes pelabuhan batu bara di Luwuk Bunter, saya memang melihat ada protes warga," kata Halikinnor, Senin, 29 April 2024.

Protes tersebut dinilai wajar karena kemungkinan ada aktivitas dari pelabuhan batu bara yang mengganggu masyarakat sekitar. 

Meski hal itu kewenangan pemerintah pusat, dirinya akan menurunkan tim untuk berkoordinasi dengan kepala desa setempat.

"Kita tidak menolak investasi, tetapi yang penting investasi itu aman dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ujarnya. 

Dirimya meminta tim mengecek langsung lokasi pelabuhan batu bara tersebut untuk mendata apa saja yang dikeluhkan masyarakat sehingga memicu protes.

"Apakah aktivitasnya menimbulkan debu atau terjadi penumpukan di jalan yang mengganggu lalu lintas," imbuhnya. 

Jika protes disebabkan lalu lintas yang tersendat, tentunya Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah akan mempertimbangkan andalalinnya.

Lebih lanjut, perusahaan yang membangun pelabuhan batu bara di Desa Luwuk Bunter memiliki wilayah konsesi izin di Kabupaten Katingan.  Namun pelabuhan batu bara dibangun di Kotim.

Dirinya belum mengetahui alasan dibangunnya pelabuhan itu di wilayah Kotim. Ia menduga, ke depan dianggap lebih menguntungan karena ada tol sungai sehingga tidak jauh menuju Muara untuk ke laut.


TAGS:

Berita Terbaru