Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ivo Sugianto Sabran : Edukasi dan Pelestarian Satwa Liar Penting Dilaksanakan

  • Oleh Marini
  • 03 Oktober 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Informasi dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat tentang keanekaragaman hayati, khususnya satwa liar yang dilindungi undang-undang. Sangat penting terutama bagi generasi penerus yang akan datang. 

Hal ini juga diutarakan oleh istri Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran, bahwa edukasi satwa liar yang ada di Kalteng penting dilakukan sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya kelangkaan atau musnahnya habitat.

"Kalimantan Tengah ini bagus dipromosikan, termasuk edukasi pelestarian satwa liar," ucap Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng ini, Senin, 2 Oktober 2023.

Ia juga menyampaikan, satwa-satwa liar yang hidup di Kalteng dan berkembang biak serta membentuk komunitas di setiap ekosistem. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat dan pihak terkait lain bersama-sama menjaga dan melindungi satwa-satwa liar ini agar bisa terus hidup dan mengurangi kepunahan.

Dirinya menginformasikan satwa liar Kalteng yang paling terkenal adalah Orangutan. Tentu hal ini didukung oleh adanya penayangan film Petualangan Sherina 2 yang menampilkan Orangutan Kalteng.  

Ia juga berharap, edukasi disertai penyuluhan dan sosialisasi, terutama pada masyarakat yang minim pengetahuan bertujuan, untuk mengetahui tentang hewan apa saja yang harus dilindungi dan enggak boleh dipelihara.

"Contohnya, dengan tetap menjaga keberadaan Orangutan yang telah dilepasliarkan supaya tetap hidup, dan bisa berkembang biak. Sehingga, populasi Orangutan di Kalimantan Tengah bisa meningkat, dan tentu ini menjadi daya tarik kita bahwa Kalimantan Tengah memiliki satwa liar yang dilindungi," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru