Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Barito Timur Bagikan Ribuan Masker ke Pengguna Jalan di Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Oktober 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Satlantas Polres Barito Timur dibantu relawan membagikan ribuan lembar masker kepada pengguna jalan di Kota Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, Selasa, 3 Oktober 2023.

Aksi yang dipimpin Kanit Regident Satlantas Iptu Abadi Rohmad itu merupakan upaya membantu menjaga kesehatan masyarakat di tengah kabut asap yang mulai melanda Barito Timur dalam tiga hari terakhir.

Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela melalui Kasatlantas Iptu Ihsan Tio Basir menerangkan bahwa saat ini kabut asap secara telah melanda seluruh wilayah Barito Timur. Dalam kondisi seperti ini kesehatan masyarakat menjadi sangat rentan akibat polusi udara.

"Kami peduli terhadap kesehatan masyarakat Barito Timur, aksi pembagian masker ini adalah upaya kami untuk membantu masyarakat menghadapi kondisi udara yang buruk, kami berharap tindakan ini dapat membantu mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh kabut asap," kata Kasatlantas.

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra Gunawan mengeluarkan surat edaran Nomor 443,1/1242/DINKES.2023 tentang imbauan memakai masker, membatasi kegiatan luar ruangan serta pelarangan membakar sampah.

Dalam surat edaran tersebut dikatakan bahwa meski belum ditemukan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau ISPA di Barito Timur akibat kabut asap yang mulai melanda Provinsi Kalimantan Tengah dalam beberapa minggu terakhir, namun masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dini berdasarkan laporan surveilans sistem kewaspadaan dini.

Karena itu Pj Bupati mengimbau seluruh masyarakat Barito Timur agar menghindari dan mengurangi aktifitas di luar ruangan terutama kelompok rentan seperti bayi,
balita, ibu hamil dan lanjut usia.

"Apabila keluar rumah dihimbau untuk menggunakan masker,"  kata Indra Gunawan dalam surat edaran yang ditandatangani tanggal 29 September 2023.

Berikutnya dia mengingatkan agar masyarakat Barito Timur minum air putih lebih banyak dan lebih sering serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,
banyak makan bergizi dan istirahat yang cukup.

"Menutup sumber air yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti sumur, bak penampungan dan lain-lain agar tidak tercemar debu asap," lanjut Indra Gunawan.

Kepala Daerah juga berpesan agar masyarakat tidak membakar sampah rumah tangga karena akan meningkatkan polusi udara akibat asap.

Berita Terbaru