Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskop Barut Dirikan Koperasi untuk Desa Terpencil

  • 17 April 2016 - 19:29 WIB

DINAS Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM)  Provinsi Kalimantan Te'ngah (Kalteng) bekerja sama de'ngan Diskop UMKM Kabupaten Barito Utara (Barut) membentuk tiga koperasi di tiga desa terpencil lewat Program Mamangun Tuntang Mahaga Lewu (PM2L) 2016.

Menurut Kepala Diskop UMKM Barut Tenggara, dibentuknya tiga koperasi itu bertujuan untuk pengentasan desa yang tertinggal menjadi desa maju.

Di 2016 ini, sasaran PM2L di Barut, yaitu Desa Muara Pari Kecamatan Lahei, Desa Sampirang I dan Desa Sampirang II Kecamatan Teweh Timur.

Pada 2015 lalu juga telah dilakukan pembentukan tiga koperasi di tiga desa,  yaitu Desa Karendan Kecamatan Lahei, Desa Linon Besi dan Desa Tanjung Harapan Kecamatan Gunung Purei.

'Dalam program PM2L ini pembentukan koperasi dalam satu kabupaten dibentuk tiga koperasi di tiga desa yang terpencil,' ucap Tenggara, Minggu (17/4/2016).

Disampaikannya, koperasi Muara Pari, Sampirang I, dan Sampirang II sudah terbentuk. 'Dalam pembentukan koperasi di tiga desa itu Diskop UMKM Barut langsung turun ke lapa'ngan bersama Kasi Bimbi'ngan dan Penyuluhan Diskop UMKM Provinsi Kalteng, Pak Juhriansyah WP Samat,' katanya.

Pada 2015 lalu, koperasi yang dibentuk melalui program PM2L dapat donasi modal sebesar Rp10 juta tiap koperasi dari APBD I. Sementara pada 2016 ini tidak diberikan donasi modal kepada koperasi yang sudah dibentuk. 'Hal ini disebabkan adanya anggaran desa seperti ADD dan DD,' alasan Tenggara.

Walaupun begitu, imbuh Tenggara, Dinas Koperasi UMKM Barut akan mengusulkan dari APBD II soal donasi modal operasi yang sudah dibentuk tersebut, senilai Rp10 juta per koperasi. 

'Dinas Koperasi UMKM Barito Utara akan mengusulkan dari APBD II melalui perubahan anggaran untuk donasi modal tiga koperasi yang telah dibentuk program PM2L yang besarannya sama dari Provinsi sebesar Rp10 juta,' ucapnya. (DN/B-5)

Berita Terbaru