Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Luar Negeri Bahasa Indonesia Makin Berkembang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Oktober 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Muhammad Muis mengatakan bahwa di luar negeri, Bahasa Indonesia makin berkembang.

Hal ini menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi digelarnya Diseminasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau BIPA yang berlangsung pada tanggal 4 Oktober 2023 di Hotel Luwansa, Palangka Raya.

"Bahasa Indonesia semakin berkembang di luar negeri dengan banyaknya kelas Bahasa Indonesia yang dibuka di universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia, seperti Universitas Harvard dan Universitas Al Azhar," kata Muis.

Karena itulah menurut Muis kegiatan ini diadakan dengan sasaran 20 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, dinas-dinas, pegiat, serta pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

"Ini merupakan pencapaian luar biasa yang membuktikan bahwa Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang diminati oleh masyarakat internasional," bebernya lagi.

Pada tahun 2023 saja, lanjutnya, ada lebih dari 52 negara yang telah mempelajari bahasa Indonesia secara intensif.

"Nah kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan dan peran penting bahasa Indonesia dalam konteks internasional," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru