Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Bersyukur Hujan Turun di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Oktober 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat rama-ramai bersyukur setelah hujan turun di sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Alhamdulillah hujan lebat turun. Semoga membantu pemadaman kebakaran lahan dan tidak ada asap lagi," kata Windarto, salah satu warga di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis, 5 Oktober 2023.

Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Hujan ini sangat dinantikan masyarakat. Sebelumnya, masyarakat sempat menggelar Salat Istisqa di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Timur, Selasa, 3 Oktober 2023, memanjatkan doa agar diturunkan hujan untuk meredam asap yang beberapa hari terakhir mengganggu sektor pendidikan dan kesehatan.

Rasa syukur datangnya hujan ramai-ramai diperbincangkan masyarakat di grup jejaring sosial. Kabar hujan bermula disampaikan dari video seorang warga di Desa Rubung Buyung, Kecamatan Cempaga. Video berdurasi 19 detik tersebut menampilkan 2 orang anak bermain bola di tengah hujan.

Kabar hujan berlanjut disampaikan oleh seorang warga di Desa Luwuk Rangga, Kecamatan Cempaga. Lalu sejumlah wilayah di Kecamatan Baamang dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Masyarakat berharap, hujan memulihkan kualitas udara yang sempat memburuk akibat kebakaran lahan. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Kotawaringin Timur sempat mencapai lebih dari seribu merugikan kesehatan serius, Senin, 2 Oktober 2023.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Kotawaringin Timur, Musuhanaya mengatakan wilayah yang berpotensi hujan, Kamis, 5 Oktober 2023 meliputi wilayah Kecamatan Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Seranau dan Mentaya Hulu. Hujan diprakirakan meluas ke Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Pulau Hanaut, Telawang, Bukit Santuai, dan Telaga Antang.

"Untuk 3 hari ke depan tidak ada potensi hujan, diprakirakan cerah hingga berawan," katanya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru