Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Timur Hadiri Panen Raya di Desa Tumpung Ulung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Oktober 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menghadiri panen raya padi musim tanam April-September di Desa Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau, Jumat, 6 Oktober 2023.

Luas tanam padi di kawasan tersebut mencapai 20 hektare, karena itu Pj Bupati menyampaikan rasa bangganya karena petani di Tumpung Ulung bisa menikmati panen padi pada musim kemarau panjang ini.

"Banyak didaerah lain di musim kemarau seperti saat ini kekurangan air, namun disini mampu panen raya, begitu juga di daerah yang lain kebakaran disini tidak ada," kata Indra Gunawan.

Kepala Daerah mengatakan, akitivitas pertanian di kawasan itu  tentu akan mendorong pemerintah daerah melalui dinas pertanian untuk memberikan sarana dan prasarana penunjang peningkatan hasil pertanian.

Karena itu dia meminta para petani maupun kelompok tani agar menjaga kekompakan dan mempertahankan bibit maupun irigasi yang bagus.

Indra memahami kekurangan sarana pertanian yang dialami petani saat ini seperti traktor yang hanya ada satu, meski demikian dia meminta petani agar tetap bersemangat dan menggunakan secara maksimal peralatan yang sudah ada.

"Kami dari pemerintah daerah mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah Subhana Wa Ta'ala karena bisa menghadiri panen raya ini. Insaallah kami akan kembali lagi ke sini untuk melakukan tanam padi bersama. Saya janji akan datang kesini lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto mengatakan panen raya padi Varietas Nudrising di desa tersebut seluas 20 hektare.

Dia juga menanggapi usulan sarana dan prasarana pertanian yang disampaikan kelompok tani di hadapan Pj Bupati. Lurikto menyebut akan menindaklanjutinya dan akan mengupayakan melalui pengajuan tahun anggaran berikut.

"Akan kita tindak lanjuti melalui usulan usulan, baik itu dari APBD Kabupaten maupun provinsi hingga APBN," ujarnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru