Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Hektare Sawah di Kotim Puso

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 08 Oktober 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ratusan hektare sawah yang ditanami padi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terkena puso akibat musim kemarau.

"Kita mengalami puso untuk dua kecamatan yaitu Teluk Sampit dan Pulau Hanaut," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kotim Sepnita, Minggu, 8 Oktober 2023.

Dia mengatakan, puso terjadi sekitar akhir September 2023. Di Kecamatan Teluk Sampit padi varietas inpari 32 terkena puso seluas 400 hektare dari luas tanam 655 hektare. Sementara Kecamatan Pulau Hanaut dari luas tanam 77 hektare padi varietas unggul, terkena puso seluas 3 hektare.

"Sehingga total 403 hektare lahan padi terkena puso di Kabupaten Kotawaringin Timur akhir September ini, " ujar Sepnita.

Distan Kotim berupaya membantu petani padi yang terdampak puso dengan pengadaan bibit. Bantuan tersebut akan dianggarkan melalui dana APBD perubahan.

"Kalau memang sangat luas, kita bersurat kepada pusat untuk meminta bantuan. Tetapi kelihatannya karena memang belum memasuki masa tanam sentra-sentra produksi kita terutama di wilayah Selatan sehingga Poso seluas sekian itu memang belum mendapat batuan dari pusat," jelasnya.

Lanjutnya, musim panas dan kabut asap juga menyebabkan kasus serangan organisme pengganggu tanaman. Karena saat kemarau biasanya organisme pengganggu tanaman lebih cepat penyebarannya. (DEWI/j)

Berita Terbaru