Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Lamandau Bersiap Hadapi Tahapan Pilkada 2024

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Oktober 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau saat ini tengah disibukkan dengan tahapan Pemilu 2024. Meski demikian, fokus KPU sebagai penyelenggara proses demokrasi juga akan bertambah seiring dengan hadirnya tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang juga akan berlangsung serentak di tahun 2024.

“Kami sudah melakukan berbagai persiapan terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2024,” ujar Ketua KPU Kabupaten Lamandau, Wawan Kusnadi di Nanga Bulik, Minggu, 8 Oktober 2023.

Sebelumnya, jelas dia, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi internal. Salah satu yang dipersiapkan yakni terkait regulasi. Meskipun secara prinsip masih relatif sama dengan penyelenggaraan Pilkada pada periode sebelumnya.

“Karena aturannya masih sama dan Undang-undangnya juga masih sama untuk pilkada. Kita hanya menyesuaikan saja,” sebutnya.

Dikatakan Wawan, tahapan awal yang dilakukan pihaknya dalam mempersiapkan pemilihan kepala daerah adalah perencanaan terkait anggaran. Untuk itu jajarannya kini tengah melakukan perencanaan terkait anggaran tersebut.

“Selain mempersiapkan rancangan anggaran, kami juga telah mempersiapkan NPHD (naskah perjanjian hibah daerah),” ungkapnya.

Ia mengaku melakukan hal tersebut lebih awal supaya memiliki cukup waktu jika mengalami kendala, terutama terkait penganggaran pada setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2024. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan secara optimal.

Ditambahkan Wawan, penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2024 nanti yakni pemilihan Bupati/walikota dan Gubernur, sehingga dalam pelaksanaannya nanti ada sharing anggaran.

“Nanti juga ada yang namanya sharing anggaran, mana nanti yang anggaran pilgub (pemilihan gubernur) dan lainnya, akan masuk honor penyelenggara ad hoc. Jadi dengan adanya keserentakan ini manfaatnya adalah efisiensi kerja dan biaya,” imbuhnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru