Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kotim Temukan Satu Kasus Rabies

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 08 Oktober 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menemukan satu kasus rabies di daerah ini. 

"Ada satu temuan rabies pada hewan anjing tahun 2022," kata Kepala Distan Kotim Sepnita, Minggu, 8 Oktober 2023.

Seekor anjing peliharaan tersebut dinyatakan positif rabies berdasarkan hasil laboratorium. Beruntung rabies tidak menular ke hewan lain maupun kepada manusia.

Lanjutnya, kasus gigitan anjing, kucing dan kera tahun 2023 ada 48 kasus dan dinyatakan tidak ditemukan rabies tahun ini di Kotim. Kasus gigitan hewan tersebut diduga lebih dari 48, karena minimnya kesadaran masyarakat untuk melapor.

"Kita berharap dengan edukasi yang kita berikan kepada masyarakat bahwa untuk melaporkan kasus gigitan atau memvaksin hewan peliharaan penting dilakukan," ujar Sepnita. 

Sebab virus rabies menular melalui gigitan hewan seperti kucing, anjing  dan kera. Jika tertular bisa menyebabkan kematian.

Dia mengatakan, jika ada manusia tergigit dan diduga tertular rabies, di Kabupaten Kotim memiliki Rabies Center di ll Puskesmas Ketapang II. Yang juga menjadi rujukan pertama bagi manusia yang terindikasi hewan yang menggigitnya.

"Ada Puskesmas Ketapang II, Puskesmas Ketapang I dan Baamang. Terutama Puskesmas Ketapang II di kabupaten Kotawaringin Timur merupakan rujukan untuk kabupaten lainnya," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru