Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Susun Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Oktober 2023 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Yogyakarta – Pemerintah sedang menyusun pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Langkah ini sudah masuk pada Uji Publik Rancangan Pedoman Pelaksanaan PPDB oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty menyampaikan kegiatan uji publik merupakan media untuk memperoleh masukan dalam penyusunan rancangan pedoman pelaksanaan PPDB agar lebih komprehensif.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan PPDB,” ungkap Eka dalam keterangannya saat mengikuti kegiatan uji publik di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta, 6 Oktober 2023.

Uji publik memastikan transparansi dalam proses seleksi PPDB, mengurangi kontroversi di masyarakat, dan lebih jauh sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sebagai informasi, tujuan dari kebijakan PPDB yaitu untuk mengurangi diskriminasi dan ketidakadilan terhadap akses dan layanan pendidikan untuk peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.

Kemudian, menemukan lebih dini anak putus sekolah agar kembali bersekolah sehingga dapat terwujud wajib belajar 12 tahun.

Mengoptimalkan keterlibatan dan partisipasi orangtua dan masyarakat dalam proses pembelajaran, dan membantu pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan dan intervensi pemerataan akses dan kualitas satuan pendidikan. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru