Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Lamandau Diminta Awasi Proses Penetapan Bacaleg

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Oktober 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Masyarakat Kabupaten Lamandau diminta melakukan proses pengawasan terkait tahapan penetapan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) atau penetapan daftar calon tetap (DCT) yang rencananya akan diumumkan pada 3 November 2023, mendatang.

“Sebelum diumumkan (ditetapkan), saya harap warga ikut mengawasi setiap tahapannya,” ajak Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau, Yustedi di Nanga Bulik, Senin, 9 Oktober 2023.

Yustedi mengatakan, saat ini yang bisa dilakukan pihaknya adalah melakukan pencermatan terhadap nama-nama yang sudah muncul, sehingga dari pengamatan saat ini belum ada potensi anggota atau calon legislatif yang kemudian diduga bermasalah.

“Kedepan masyarakat sangat kami harapkan peran serta atau partisipasinya untuk ikut memantau, kemudian mencermati daftar-daftar calon yang sudah ada,” harapnya.

Hal ini dinilai penting ketika kemudian nanti ada dugaan beberapa calon itu ternyata pihak-pihak atau berasal dari kelompok-kelompok yang sudah diatur di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), bahwa mereka tidak boleh mencalonkan diri.

“Siapa tahu ketika kita mencermati, kita kurang mendapatkan informasi atau kita belum mengetahui figur secara utuh dari bakal calon yang ada, itu bisa disampaikan ke KPU, bisa juga disampaikan ke Bawaslu ketika memang ada diduga, sehingga kita nanti bisa melakukan pengecekan lebih mendalam lagi di lapangan,” ujarnya.

Ia juga berharap, kedepan semua bakal calon yang didaftarkan oleh parpol peserta Pemilu serentak tahun 2024 itu betul-betul memenuhi syarat semua, sehingga masyarakat bisa menerima sehingga dapat meminimalisir sengketa pemilu.

Sementara, terkait dengan rancangan untuk penetapan daftar calon tetap ini khususnya di Kabupaten Lamandau tidak ada mengalami kendala. Meski demikian ia meminta calon dari parpol peserta pemilu ketat melakukan penjaringan, sehingga kedepan tidak ada potensi pelanggaran.

“Oleh sebab itu kita berharap teman-teman partai politik betul-betul memastikan kader-kadernya atau bakal calon yang diajukan semuanya sudah memenuhi persyaratan,” tandasnya.

 (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru