Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Banjar Studi Banding Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pelayanan Publik di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Oktober 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komisi III DPRD Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan melakukan kunjungan studi banding ke Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoPS) dan DPRD Kabupaten Barito Timur, Senin, 9 Oktober 2023.

Saat diwawancarai usai berkunjung ke DiskominfoPS Ketua Komisi III DPRD Banjar Mulkan menjelaskan, pihaknya melakukan studi banding terkait peningkatan pelayanan publik dengan memanfaatkan keberadaan teknologi informasi.

"Jadi di sini (DiskominfoPS Barito Timur) kami mempelajari skemanya, kebijakan dan program yang dijalankan. Berikutnya juga tentu ada program-problem penyesuaian di lapangan, hal-hal tersebut bisa menjadi perbandingan dan nilai-nilai positif yang bisa kami pelajari agar kami bisa memperbaiki apa yang kurang di tempat kami," ujarnya.

Menurutnya, setelah dari DiskominfoPS, DPRD Banjir juga berencana melanjutkan kunjungan ke DPRD Barito Timur untuk mengetahui kebijakan politik DPRD dalam mendorong pemanfaatan teknologi informasi  pada pembangunan.

"Jadi secara teknis kami kami dapat gambaran di sini (DiskominfoPS), sedangkan kebijakan politik kami dapatkan dari DPRD," jelasnya.

Mulkan mengatakan, Banjar dan Barito Timur memiliki kesamaan kontur alam yang berbukit-bukit serta wilayah yang luas. Dengan kondisi seperti itu seringkali di wilayah pegunungan jaringan internet sulit didapatkan.

"Dari kesamaan tersebut kami berpikir bahwa permasalahan yang dihadapi Banjar dan Barito Timur memiliki kesamaan sehingga ada banyak kiat atau strategi yang bisa kami ambil dari Barito Timur untuk diterapkan di Banjar," ujarnya.

Sementara itu Kepala DiskominfoPS Barito Timur Dwi Aryanto menjelaskan, semua pelayanan publik saat ini selalu bersentuhan dengan teknologi informasi.

"Jadi tadi kami berdiskusi tentang penguatan teknologi informasi bagaimana yang di Banjar dan bagaimana yang di sini (Barito Timur). Barito Timur sendiri saat ini masih ada beberapa desa yang belum terjangkau jaringan internet dan sedang diusulkan pembangun BTS ke Kementerian Kominfo," ungkapnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru