Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kobar Siap Kawal dan Amankan Jalannya Pilkades Serentak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Oktober 2023 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat (Kobar) akan menurunkan personelnya, untuk mengamankan pelaksanaa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kotawaringin Barat 2023, pada 28 Oktober 2023.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menyampaikan, pihaknya sudah melakukan inventarisir wilayah atau desa, terhadap gangguan Kamtibmas pada pelaksanaan Pilkades Serentak yang ada di enam kecamatan se Kobar, dan 36 desa.

"Kami sangat mendukung dan apresiasi atas di laksanakannya kegiatan Deklarasi damai Pilkades serentak ini, hal ini sebagai bentuk antisipasi sejak dini  agar 130 Calon kepala desa agar tidak melanggar aturan, termasuk kegiatan stimulasi pengamanan ini sebagai bentuk kesiapan kami memberikan rasa aman, sehingga pelaksanaan Pilkades Serentak ini dapat berjalan kondusif, "Ujar Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, Senin, 9 Oktober 2023.

Lanjut Kapolres, Pj Bupati Kobar juga sudah memberi warning atau peringatan keras bagi calon kepala desa atau peserta Pilkades, agar saling menghormati, dan tidak membuat kegaduhan, serta mau menerima segala hasil keputusan yang telah menjadi ketetapan.

"Kami telah melakukan pemetaan, ada beberapa potensi-potensi kerawanan, dan di harapan seluruh calon untuk tidak melakukan politik uang, terus juga jangan menyebarkan isu sara, ini juga potensi-potensi kerawanan yang memang harus ditantisipasi bersama," tuturnya.

Lanjutnya, Polres nantinya akan  melakukan langkah-langkah dari mulai kegiatan-kegiatan deteksi, pengamanan, sampai dengan penegakan hukum akan kita lakukan, apabila memang terjadi pelanggaran hukum.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kodim juga untuk meminta Backup, apabila Nanti pada saat kegiatan pelaksanaannya, kami memang butuh pengamanan di Backup oleh TNI," ungkapnya.

Tapi tentunya TNI juga akan mengikuti jalannya proses daripada Pilkades ini, dan Insyaallah melalui kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan, Sinergi yang baik, antara Pemerintah daerah TNI Polri dan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait lainnya. 

"Kita optimis akan berjalan dengan aman dan kondusif semua, sementara untuk Pengamanan di Sprint itu ada 60 personel, tapi semua di Polsek saya tegaskan harus terlibat dalam pengamanan, semuanya mengantisipasi dan punya tanggungjawab untuk pengamanan," tegas Bayu. (DANANG/J)

Berita Terbaru