Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Barito Timur Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Keuangan dan Kearsipan Panwascam

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Oktober 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bawaslu Kabupaten Barito Timur mengadakan rapat koordinasi fasilitasi dan pembinaan aparatur pengawas pemilu dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan dan kearsipan panitia pengawas pemilu kecamatan atau Panwascam, Selasa, 10 Oktober 2023.

Rapat yang digelar selama dua hari di Tamiang Layang tersebut diikuti oleh Panwascam dari 10 kecamatan dengan narasumber dari Inspektorat Barito Timur.

Saat diwawancarai di sela kegiatan, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Barito Timur Ahmad Saufi mengatakan, peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan dan kearsipan penting untuk sekretariat Panwascam supaya terjadi sinkronisasi keuangan dan pemahaman yang sama dengan Bawaslu dalam pengelolaan keuangan.

"Karena terkait pengelolaan keuangan ini sangat penting sekali, kegiatan-kegiatan Panwascam seperti pencegahan dan penindakan tidak akan berarti kalau keuangan kita tidak disiplin atau tidak akuntabel, maka perlu sinkronisasi dan pemahaman lebih lanjut masalah keuangan," ujarnya.

Ahmad berharap dengan peningkatan kapasitas Panwascam tersebut, mereka tidak lalai dalam pelaporan seperti surat pertanggungjawaban (SPj) dan lainnya.

"Kalau kegiatan sudah selesai tapi SPj belum rampung itu kan jadi permasalahan juga dalam pengelolaan keuangan," terangnya.

Sementara itu Koordinator Sekretariat Bawaslu Barito Timur Atang JUP Butar Butar menambahkan, anggaran yang dikelola oleh Panwascam saat ini adalah untuk tahapan Pemilu 2024  yang bersumber dari DIPA Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah.

"Maksud dan tujuan ini untuk menyamakan persepsi antara sekretariat Panwaslu kecamatan dari ketua serta anggota agar tidak terjadi miskomunikasi, jadi kalau misalnya sudah ada sinergitas dan persamaan persepsi otomatis kegiatan pengawasan di tingkat kecamatan nanti akan berjalan maksimal," kata Atang. (BOLE MALO/J)  

Berita Terbaru