Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Kobar Menerima 71 Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 16 Oktober 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejumlah kelompok tani Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menerima bantuan sebanyak 71 alat dan mesin pertanian dari anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, Senin, 16 Oktober 2023. 

Bertempat di halaman Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kobar, pemberian 71 alat dan mesin pertanian kepada 42 kelompok tani yang tersebar di 25 desa pada 5 kecamatan di Kabupaten Kobar.

Pembagian tersebut sudah ke empat kalinya, yang terdiri dari 9 unit traktor roda dua, 10 unit cultivator, 2 unit angkutan roda tiga, dan 50 unit hand sprayer elektrik. 

"Kami berupaya untuk alat mesin pertanian kepada petani-petani kita untuk meningkatkan kinerja para petani kita agar lebih efektif dan sekaligus untuk menarik minat generasi muda petani supaya mau ikut terjun di bidang usaha pertanian," ujar Bambang.

Selain itu, ia bersama pemerintah Kabupaten Kobar yang diwakili oleh Asisten I Setda Tengku Ali Syahbana, serta Kepala Distan Kris Budi Hastuti memberikan bimbingan teknis terkait perkembangan pertanian pada kelompok tani yang hadir.

"Ilmu pengetahuan, kita lakukan bimbingan teknis, sesuai dengan bidangnya karena jenis penyakit terus berkembang, kualitas tanaman juga ikut berkembang terus sehingga para petani ditingkatkan pengetahuannya sehingga menjadi petani modern," jelas Bambang.

Ia menyebutkan bahwa perkembangan petani yang telah mendapatkan bantuan tersebut membuahkan hasil yang baik.

"Rata-rata yang sudah kami bantu (petani Kobar) seperti kinerja, semangatnya makin meningkat sehingga manfaat alat mesin petani luar biasa memberikan dampak baik pada mereka," ungkap Bambang.

Tak hanya itu saja, adapula bantuan ternak berupa 60 ekor sapi, 50 ekor kambing, dan 200 ekor ayam buras kepada masyarakat di Kabupaten Kobar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Berita Terbaru