Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budayakan Germas, Dinkes Kotim Gelar Sosialisasi Bude Jamu

  • Oleh Noor Annisa
  • 17 Oktober 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar sosialisasi Bugar dengan Jamu (Bude Jamu) dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah ini.

Melaui sosialisasi Bude Jamu, Dinkes melakukan kegiatan mempromosikan kesehatan dan pencegahan suatu masalah kesehatan atau penyakit.

"Kegiatan ini menjadi penting ditengah upaya kita untuk mengedukasi dan meningkatkan penggunaan jamu yang aman, bermutu dan berkhasiat agar dapat lebih berperan dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat," Kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi saat membuka kegiatan di Werra Resort Sampit, Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam sosialisasi membahas bahwa jamu memiliki 3 dimensi nilai, yaitu kesehatan, ekonomi dan sosial budaya. Selain sebagai warisan budaya dan dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat, jamu dinilai dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran, namun dengan memperhatikan segala aspek racikan dan pembuatan jamu.

"Yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha jamu gendong, usaha jamu racikan maupun masyarakat adalah bagaimana penggunaan jamu yang aman, bermutu dan bermanfaat, memenuhi persyaratan kesehatan, terutama dalam aspek kebersihan pembuatan jamu," papar Umar.

Umar mengatakan, pemerintah pusat dan Dinas Kesehatan Kotim bekerjasama dalam melakukan pembinaan kepada pelaku usaha jamu gendong, usaha jamu racikan serta masyarakat bagaimana jamu yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan.

"Dengan harapan pembinaan yang dilakukan pemerintah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan juga meningkatkan ekonomi keluarga," ucapnya.

Adapun sosialisasi berlangsung hingga sore hari, dengan menghadirkan beberapa narasumber dari pemerintah pusat dan provinsi serta pelaku usaha jamu di Sampit. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru