Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Dianggap Berperan Penting Tanamkan Kebanggaan Identitas Bangsa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Oktober 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Para guru dianggap sebagai sosok yang memiliki peran penting dalam menanamkan rasa kebanggaan terhadap identitas bangsa di diri peserta didik.

"Sebagai pendidik yang berperan penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan para siswa, marilah kita tanamkan pemahaman dan kebanggaan terhadap rupiah sebagai bagian dari identitas kita," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh saat membuka kegiatan di gedung kantor BI Kalteng pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Hal ini disampaikan Taufik Saleh dalam acara training of trainer Cinta Bangga Paham atau CBP Rupiah kepada para guru se-Kota Palangka Raya. 

"Lebih dari sekadar nilai uang, CBP Rupiah memperkenalkan konsep dasar pengelolaan keuangan pribadi yang bijak," katanya lagi.

Pengelolaan uang yang bijak, lanjutnya, bisa didapat melalui pemahaman pentingnya mengatur anggaran, menabung, menghindari utang yang tidak perlu, membedakan uang palsu dan berinvestasi untuk masa depan.

"Mereka juga belajar untuk berpikir jangka panjang dan merencanakan keuangan dengan baik, sehingga dapat mencapai impian-impian mereka," tuturnya.

CBP Rupiah, lanjutnya, membentuk penghargaan terhadap nilai uang dan usaha yang diperlukan untuk menghasilkannya, mengajarkan siswa untuk menghargai upaya kerja keras.

"Kegiatan sosialisasi dan edukasi QRIS yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai Cinta, bangga paham Rupiah," ungkapnya.

Melalui sambutan ini, Taufik mengundang para guru, untuk menjadi agen perubahan yang membantu menyebarkan pesan "Cinta Bangga Paham Rupiah" kepada para murid.

"Ajarkan mereka tentang pentingnya mata uang, tentang keberagaman budaya kita yang diwakili oleh Rupiah, dan tentang bagaimana pemahaman yang baik mengenai uang akan membantu mereka dalam mencapai impian dan tujuan hidup mereka," pinta Taufik. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru