Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KLHK Akan Bangun Pusat Daur Ulang Sampah di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 20 Oktober 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membangun Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Pembangunan PDU ini diberikan dalam bentuk bantuan kepada Pemko melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). PDU ini akan dibangun di UPT Pahandut dan Panarung.

"Tepatnya berlokasi di belakang kantor Kelurahan Panarung, dengan kapasitas menampung 10 ton sampah setiap hari," kata Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini, Jumat, 20 Oktober 2023.

Bantuan ini kata dia, sebagai salah satu bentuk apresiasi dari KLHK atas prestasi Kota Palangka Raya yang telah meraih Piala Adipura pada Tahun 2022.

"Berkat Adipura kami diberi hadiah oleh KLHK RI untuk mendirikan Pusat Daur Ulang Sampah tahun ini dan menjadi daerah satu-satunya penerima bantuan tersebut," ujarnya.

Menurut Zaini, pembangunan PDU sampah ini akan berkontribusi besar dalam pencapaian target pemerintah untuk mengurangi sampah hingga 30 persen pada tahun 2025.

Sampah akan mengalami pengurangan sebesar 30 persen karena akan didaur ulang atau diolah di PDU, sementara sampah yang tidak dapat didaur ulang akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Operasional PDU ini akan melibatkan partisipasi masyarakat dengan rencana pengelolaannya oleh kelompok swadaya masyarakat yang akan segera dibentuk.

"Sampah rumah tangga akan melewati PDU sebelum mencapai TPA. Maka ini akan membantu pemerintah Kota mencapai target pengurangan sampah," pungkasnya. (HENDRI/J)

Berita Terbaru