Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan BPK Samuja dan Al-Nur Asak Bantu Korban Angin Puting Beliung di Ampah Kota

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Oktober 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan BPK Samuja Ampah dan Al-Nur Asak membantu warga yang terdampak angin puting beliung di Gang Serumpun RT 40, Kelurahan Ampah Kota, Kabupaten Barito Timur, Jumat, 20 Oktober 2023.

Saat itu, turut hadir Lurah Ampah Kota dan perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Dusun Tengah.

Kapten 01 Samuja Fire Rescue BPK Samuja Rakhmat Hidayat mengatakan, angin puting beliung melanda wilayah tersebut sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis, 19 Oktober 2023. Terpaan angin yang kencang membuat pohon aren dengan diameter 40 sentimeter tumbang dan menimpa rumah warga.

Akibat musibah itu pemilik rumah bernama Helmi Tanto bersama keluarga mengungsi ke rumah orang tua.

"Bantuan yang kami lakukan berupa pemotongan pohon aren dan membersihkan puing bangunan yang rusak akibat dihantam angin puting beliung," jelas Hidayat.

Dia menambahkan, tingkat kerusakan rumah berdinding papan itu hingga 70 persen dengan nilai kerugian yang diperkirakan mencapai Rp75 juta.

Sebelumnya, pada tanggal 15 Oktober 2023, angin puting beliung juga melanda Desa Ampari Bura, Kotam dan Desa Jango di Kecamatan Patangkep Tutui. Akibatnya 17 rumah warga mengalami kerusakan.

Selain sambungan listrik juga putus selama dua hari dan jalan penghubung ke kota kabupaten sepanjang 5 kilometer sempat tidak bisa dilalui karena banyak pohon tumbang. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru