Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantu Pengembangan Pertanian Masyarakat Dengan Menyalurkan Alsintan

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Oktober 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat membantu pengembangan pertanian masyarakat dengan menyalurkan alat mesin pertanian (alsintan).

Menurutnya, pengembangan pertanian masyarakat sangat penting untuk diperhatikan, sebab sektor usaha tersebut salah satu yang dapat menopang ketahanan pangan daerah agar bisa tetap terpenuhi.

"Selain program pemerintah pada sektor pertanian, usaha masyarakat juga salah satu penopang ketahanan pangan khususnya di daerah. Sehingga, pengembangan pertanian masyarakat perlu didukung," katanya, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Ia mengungkapkan, mengenai bantuan alsintan ini juga menjadi diantara aspirasi masyarakat yang kerap disampaikan kepada pihaknya ketika melaksanakan reses khususnya di dapil Kalteng I meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gumas. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar bisa menjadi perhatian dan direalisasi.

Selain itu, membantu alsintan kepada masyarakat petani juga sebagai salah satu solusi supaya dalam membuka lahan tidak lagi dengan cara membakar, sebab selama ini membuka lahan dengan cara membakar kerap dianggap menjadi salah satu penyebab karhutla.

"Membuka lahan dengan cara membakar itu kan dilarang, sehingga diperlukan solusi agar masyarakat petani bisa menjalankan usahanya tanpa membakar. Nah, bantuan alsintan ini salah satu solusi. Selain tidak lagi membakar lahan mereka juga bisa mengembangkan usahanya dengan peraltan modern," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru