Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Salurkan Bantuan Bibit untuk 844 Hektare Lahan Sawit Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Oktober 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, sejak pertengahan Oktober 2023 mulai menyalurkan bantuan bibit untuk Program Sawit Masyarakat dengan total luas lahan 844 hektare.

"Sudah mulai distribusikan bibit sawit, mudah-mudahan bulan November (2023) sudah selesai semua penyaluran," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan, Lurikto, saat diwawancarai, Senin, 23 Oktober 2023.

Dia mengatakan, jika tersedia anggaran yang cukup maka pada tahun anggaran 2024 pemerintah daerah akan meningkatkan luas tanam sawit masyarakat serta memberikan subsidi untuk perawatan tanaman.

"Kalau memang nanti anggarannya ada kita bisa kembangkan lagi untuk membantu (pembukaan lahan sawit baru), kemudian kalau memang memungkinkan anggarannya kita akan bantu untuk pemeliharaannya," ucap Lurikto.

Sementara itu Kabid Perkebunan Leo Talamana menjelaskan, penyaluran bibit sawit ke petani dimulai pada 14 Oktober 2023 lalu dan desa yang sudah menerima penyaluran yaitu Desa Muruduyung dan Baruyan.

"Hari ini pengiriman ke Desa Tangkum dengan jumlah bibit 4.200 pohon," jelasnya.

Sejak tahun 2022 Pemkab Barito Timur menganggarkan sebesar Rp2,2 miliar untuk bantuan pembukaan lahan sawit masyarakat seluas 844 hektare yang tersebar di Kecamatan Patangkep Tutui, Awang, Benua Lima, Dusun Timur, Karusen Janang, Paku, Raren Batuah dan Kecamatan Pematang Karau. Rinciannya, setiap hektare calon lahan sawit mendapatkan bantuan sebesar Rp2,5 juta.

Kemudian pada tahun 2023 pemerintah daerah kembali menganggarkan sebesar Rp8 miliar lebih untuk melanjutkan pengembangan kebun sawit dengan pengadaan bibit dan pupuk. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru