Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Bayar Pajak, Usaha Restoran akan Disegel

  • 20 April 2016 - 19:47 WIB

SAAT ini kesadaran ma'syarakat yang me'mi'liki usaha sangat rendah dalam memba'yar pajak, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha wa'rung makan dan minum'an', termasuk sarang burung wa'let.

Rencana Dinas Pendapatan Kabupaten Kapuas akan memasang stiker wajib bertulis'kan' 'restoran/rumah makan ini belum melunasi pajak daerah'.

Stiker ini nanti akan dipasa'ng di depan restoran atau warung dan tidak boleh dilepas se'belum pajaknya dilunasi.

'Bagi pemilik usaha resto'ran, warung makan, dan sa'rang burung walet yang be'lum bayar pajak maka akan disegel mengunakan sti'ker berlogo khusus,' ucap Sekretaris Dinas Pendapatan Ka'puas, Saiful Rahman, Rabu (20/4/2016).

Penyegelan ini dilakukan se'suai Perda No 15 Tahun 2010. Nantinya tim dispenda akan melibatkan polisi dan jak'sa untuk menertibkan pengusaha yang tidak mem'ba'yar pajak.

Dia menjelaskan sebenar'ny'a para pemilik usaha sudah diberi kebebasan membayar pajak sendiri ke kantor, tapi ke'banyakan malah pilih tidak membayar.

'Padahal dengan taat membayar pajak maka membantu pembangunan daerah, kare'na' uang pajak untuk pemba'ngunan jalan, jembatan, dan lainnya,' tegasnya.

Dia berharap pendapatan dari sektor pajak tentu bisa di'pungut, sehingga uangnya bi'sa digunakan untuk mem'ba'ngun.

Saat ini Pemkab Kapuas terus menggali potensi pajak. Dia menjelaskan uang pajak yang selama ini dibayat ke pemerintah akan dikembali'kan ke masyarkat dengan ben'tuk lain, tapi tujuannya gu'na membangun daerah dan secara otomatis akan mem'buat perekonomian men'jadi bagus.

'Kalau kita sadar memba'yar pajak tentu sumbangsi'nya untuk pembanguna,' sebutnya.

Hanya saja kendala yang di'hadapi saat ini dalam pemungutan pajak, khususnya dari sarang burung walet, dimana para pemilik kebanyak'an bukan warga Kapuas, sehingga su'sah untuk dipungut. Jadi so'lusinya jika tidak bayar ha'rus disegel. (B-6)

Berita Terbaru