Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan UMKM Perlu Dilakukan Langkah Strategis Sesuai Perkembangan

  • Oleh Ramadani
  • 25 Oktober 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertranskop UKM) Barito Utara M Mastur mengatakan, dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan koperasi termasuk usaha mikro, kecil dan menengah sangat perlu dilakukan langkah-langkah strategis yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan Koperasi dan UMKM.

“Diantaranya adalah bagaimana upaya memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan atau skill dalam membuat dan menyusun laporan keuangan koperasi sebagai salah satu instrumen laporan pertanggungjawaban pengurus, pengawas dan pengelola koperasi dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi,” kata Mastur saat pelatihan Akuntansi Koperasi yang dilaksanakan oleh Disnakertranskop UKMBarut, Rabu 25 Oktober 2023.

Karena, kata Mastur, sebagian fakta di lapangan dan hasil monitoring dan evaluasi bahwa terlambatnya, bahkan tidak dapat dilaksanakannya RAT koperasi tersebut.

Hal itu disebabkan ketidakmampuan pengelola koperasi dalam membuat dan menyusun laporan keuangan disamping faktor lainnya.

Maka dari itu Pemkab melalui Dinas Nakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara menyelenggarakan secara rutin setiap tahun kegiatan pendidikan dan pelatihan akuntansi koperasi, terutama terkait dengan teknis pembuatan dan penyusunan laporan koperasi.

“Melalui kegiatan pelatihan teknis ini diharapkan pengelola koperasi mampu mengimplementasikan di koperasinya masing-masing, dan bagi koperasi yang belum melaksanakan RAT, agar segera melaksanakan RAT koperasi yang merupakan salah satu amanat UU tentang perkoperasian, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi,” pungkasnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru